Selasa, 28 Maret 2017

Observasi Kebudayaan Lingkungan Sekitar



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Puji syukur saya panjatkan kehadiran Allah SWT karena atas berkat rahmat hidayahnya saya dapat menyelesaikan tugas pertama saya mengenai Ilmu Budaya Dasar. Tidak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada sumber-sumber yang telah membantu saya dalam menyelesaikan makalah ini.
Saat ini ilmu budaya dasar sudah menjadi bagian dari salah satu mata kuliah dasar umum yang dijadikan sebagai mata kuliah softskill yang bertujuan untuk menambah pengetahuan kepada mahasiswa bagaimana cara berinetaksi, dan bersosialisasi sesuai dengan adab yang berlaku di masyarakat. Mahasiswa juga diajarkan bagaimana caranya untuk lebih mudah bersosialisasi di masyarakat yang memiliki beragam suku, adat, dan budaya.



Budaya adalah salah satu kekayaan yang dimiliki oleh suatu bangsa, termasuk negara kita Indonesia. Indonesia sendiri memiliki keanekaragaman suku bangsa, ada suku Jawa, Sunda, Bali, Madura, Dayak, dll.
Berikut adalah hasil pengamatan yang telah saya lakukan disekitar wilayah perumahan saya, yaitu Jl. M. Kahfi 1 Rt.016/01 Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Saya juga mewawancarai seorang ketua Rt 016 yaitu Bapak Ir. H. Agoeng Datomo.

Ir. H. Agoeng Datomo (52)


                Pertama yang saya tanyakan kepada beliau adalah, budaya apakah yang sangat menonjol di wilayah tempat tinggal bapak ? jawaban beliau adalah, “Budaya Jawa. Salah satu yang sangat menonjol di wilayahnya adalah dari segi bahasanya. Hampir seluruh warganya adalah pendatang, walau juga ada masyarakat asli Jakarta yaitu suku Betawi. Walau demikian, suku Betawi juga terlihat disini.” Paparnya. Bapak Agoeng sendiri merupakan warga asli Yogyakarta, yang telah lama tinggal di Jakarta sekitar 20 tahun lebih. Kendati demikian, banyak suku Jawa di lingkungan sekitar saya, saya masih merasakan toleransi/saling menghargai antar suku.


Itulah hasil observasi saya, yang saya lakukan kepada salah satu tokoh di lingkungan tempat tinggal saya, tepatnya di Ciganjur, Jakarta Selatan.

0 komentar:

Posting Komentar