Jumat, 16 Desember 2016

8 Pelajaran dari Naik Commuter Line (KRL)

 

Siapapun yang tiap hari, atau pernah deh, ngerasain naik commuter line alias kereta cepat (KRL) pasti tau banget gimana berat perjuangannya. Dari belum masuk kereta, di dalemnya, siap-siap mau keluar, sampe udah di luar kereta. UUUUUHHH. Nggak jarang juga banyak kejadian atau situasi yang bikin kita-kita ini jadi bosen, bete, capek, sampe serasa lagi direbus di panci. Mendidih.
Tapi jangan sedih, soalnya ketika lo ngelihat lebih jauh lagi, sebenernya ada banyak banget pelajaran-pelajaran yang bisa kita dapetin loh. Sekali-sekali jangan keburu emosi, mending tarik napas dalem-dalem (sambil tetep hati-hati sama bau ketek orang di sebelah), hembuskan lewat idung lagi, lalu baca panduan dari Provoke! inih.
Sebelum masuk kereta:

1. Belajar sabar
 
Katanya orang Indonesia tuh susah banget disuruh ngantri. Tapi nggak semuanya koook. Udah banyak juga orang-orang yang membudayakan ngantri ini, dan itu bisa lo lihat pas lagi mau beli atau isi ulang saldo kartu commuter line. Walaupun kadang lama antrinya ngalahin lama nungguin jodoh, tapi lo bisa belajar sabar. Sama kayak jodoh juga, lo jadi bisa punya prinsip “jangan nyerobot, kalo nggak mau diserobot”. Dan lagi-lagi, sama kayak jodoh, "mendingan datang lebih awal kalo nggak mau ngantri”.

2. Belajar cermat
 
Sebenernya ini hal sepele dan sering banget dilupain, padahal bisa mudahin kita dan nguntungin orang lain. Apatuuuuh? Siapin dan gunain uang buat beli/isi ulang kartu dengan pecahan kecil. Kenapa? Soalnya kalo tiap ke loket lo selalu ngeluarin duit lima puluh ribu, si mbak-mbak atau mas-masnya kan juga jadi perlu waktu lagi buat ngasih kembalian. Belom lagi kalo kembaliannya nggak ada dan lo dikasih kembalian pake permen. Yhaa. Lagian, banyak juga kan tuh recehan yang nganggur di rumah. Kumpulin coba.

3. Belajar peka
 
Sambil nungguin kereta lo dateng, sebenernya banyak banget hal-hal menarik di sekeliling lo. Coba deh liat sekitar, lo bisa berdiri di sisi gerbong yang nggak banyak antriannya biar masuk keretanya lebih cepet, lo bisa scanning cewek-cewek yang kali aja adalah jodoh lo, atau lo juga bisa cari-cari object buat street photography.

Saat di dalam kereta:

4. Belajar menghormati orang lain
 
Simple banget dan lo pun junggak pasti udah tau. Kasih tempat duduk lo sama orang yang sekiranya lebih tua atau sudah berumur dan keliatan nggak kuat berdiri lama, Kayak ibu hamil, ibu hamil dan bawa anak, ibu-ibu dengan belanjaannya yang sebanyak uang receh dalam celengan atau mereka yang punya keterbatasan. Nyenengin loh, dapet senyuman atau ucapan terima kasih.

5. Belajar berbagi
 
Nah kalo lo nggak mau memberikan tempat duduk lo dengan alasan pribadi, ya nggak apa-apa, tapi seenggaknya lo bisalah geser sedikit kalo emang masih ada ruang di sebelah, atau yang awal mulanya lo duduk ngangkang atau naro tas di bangku, ya seenggaknya bisa lo pangku atau taruh di rak atas kepala lo.

6. Belajar bertahan
 
Desek-desekan di kereta juga bikin lo punya skill baru: yaitu bertahan. Apalagi di jam-jam yang nggak manusiawi, di situ kekuatan badan dan iman lo diuji. Berdirilah di sisi yang bisa kena AC, Berdirilah di sebelah orang yang terlihat masih rapih karena biasanya dia wangi, muahahahaha. Lebih bagus sediain head set/earphone, biar lo bisa dengerin lagu dan nggak bosen-bosen banget. Lo juga bisa belajar buat waspada, dan tetep ngejaga barang bawaan lo.

Setelah keluar kereta:

7. Belajar bilang “permisi, maaf, dan silakan”
 
Ini tuh sebenernya tata krama dasar yang sering banget dilupain. Kalo lo mau lewat di tengah orang, seenggaknya bilang 'permisi', bukan langsung main senggol. Kalo lo nggak sengaja nyenggol, jangan lupa bilang 'maaf' biar nggak dikira genit. Dan kalo ada orang yang mau lewat, kasih sapaan 'silakan'.

8. Belajar bersyukur
 

Walaupun naik KRL tuh mirip-mirip kayak lagi perang, tapi lo tetep kudu bersyukur. Lo masih bisa pulang ke rumah atau pergi ke tempat tujuan lo pake kendaraan, nggak kena macet, biayanya nggak semahal nyewa helikopter, lo nggak kena hujan kalau cuacanya tetiba hujan, dan jangan lupa bersyukur lo nggak buang-buang waktu lo untuk memulai sesuatu setiap harinya.


0 komentar:

Posting Komentar